Wednesday, November 21, 2012

Pilih Sunblock atau Suncreen ?

Posted by Kosmetik Korea at 5:08 PM
Manakah diantara  sunblock  dan sunscreen  yang lebih tepat dipakai untuk kulit Anda? Berikut ulasannya.

BRTC Laser Aid Sunblock
Apa beda sunblock  dengan sunscreen ?
Dokter:  Jangan bingung dengan istilah suncreen  dan sunblock . Itu hanyalah istilah nama barangnya, keduanya merupakan produk tabir surya yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari dengan kandungan dari masing-masing merk yang sedikit berbeda. Sunblock , lebih berfungsi sebagai tembok yang memblok atau memantulkan sinar ultraviolet. Sunblock  memiliki kandungan miberal seperti zinc oxide  atau titanium dioxide  sebagai bahan utama sehingga cocok digunakan jika Anda atau salah satu anggota keluarga ada yang memiliki kulit sensitif.
Perlindungan yang diberikan sunblock bersifat fisik dan hanya bisa menghalangi sinar UVB.
Dibanding sunblock, sunscreen memiliki kemampuan untuk meresap hingga lapisan dermis. Sehingga, akan menangkal paparan sinar UVA yang efeknya lebih kuat merusak kulit. Sunscreen mengandung bahan kimia seperti avobenzone  dan oxybenzone  sehingga tidak cocok bagi yang memiliki kulit sensitif.


Natural SunBlock
Lebih bagus mana melindungi kulit dengan sunblock  atau sunscreen ?
Dokter:  Keduanya dapat digunakan untuk menangkal pengaruh radiasi sinar ultraviolet,  asal saat membeli produk harus diperhatikan produk tabir surya tersebut mengandung bahan dasar yang penting dalam menangkal UVA dan UVB  dan  tidak gampang hilang kena air, maka lotion  itu bagus. Karena saat ini juga sudah banyak sunblock  yang juga memiliki kandungan yang dapat menangkal kedua sinar UVA dan UVB.

Apa perbedaan sinar UVA dan UVB dan UVC?
Dokter:   sinar UVA (ultraviolet type A) adalah radiasi matahari yang panjang gelombangnya 320-400 nm. Tidak  menyebabkan kemerahan dan nyeri. UVB (ultraviolet type  B) adalah radiasi matahari yang panjang gelombangnya 290-320 nm lebih menyebabkan luka bakar (kemerahan) juga lebih nyeri. UVC adalah radiasi 280-100 nm penghasil ozone di lapisan ozone , dapat membasmi microorganisma dengan cara menghancurkan nucleic acid  dalam DNA-nya. Sinar UVC lebih dulu terserap ozon sebelum mampu memanaskan bumi.

Etude Mineral Sun BBCream
Apakah efek sinar UVA dan UVB?
Dokter:   UVA (ultraviolet type A) menyebabkan kerusakan kulit permanen sampai terjadi kerusakan DNA yang dapat menyebabkan kanker kulit  juga menyebabkan kulit jadi lebih gelap, sedangkan UVB menyebabkan kulit terbakar kemerahan dan nyeri.

Apa yang dimaksud dengan SPF 15, 30, 40, 50? Dan apakah perbedaan dari masing-masing?
Dokter:   SPF adalah pengukuran penggunaan sunscreen  sebelum kulit menjadi kemerahan terkena sinar. Angka SPF dapat berkisar dari 2 sampai 100.  SPF 15 berarti bisa memberi perlindungan 15 jam sebelum kulit menjadi kemerahan. Jika kulit Anda biasanya mengalami kemerahan setelah 10 menit berjemur sinar matahari maka dengan memakai tabir surya SPF 15, kulit Anda aman selama 15×10 menit yaitu 150 menit.
Innisfree Pore SunBlock Cream
Begitu juga dengan SPF 30 berarti 30 jam, dsb. Perlindungan ini juga bergantung dari tipe kulitnya  yang berkulit putih berarti sedikit pigmennya maka lebih mudah terbakar dari pada yang berkulit gelap yang berarti banyak pigmen yang melindungi dari sengatan matahari. Selain itu yang harus diingat, jumlah kekuatan sinar matahari mengenai kulit tidak hanya tergantung pada lama waktu yang dihabiskan di bawah sinar matahari. Hal ini juga dipengaruhi oleh sejumlah faktor termasuk panjang paparan, waktu, lokasi geografis, dan kondisi cuaca.

0 comments:

Post a Comment

 

SmartWoman Magz Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea

Gadgets By Spice Up Your Blog